Rabu, 10 Oktober 2012

KEBUDAYAAN


 KEBUDAYAAN


Pengertian  Budaya
Budaya/Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. Jadi, pengertian mengenai kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Definisi Budaya
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Unsur-Unsur Budaya
Kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
    -Alat-alat teknologi
    -Sistem ekonomi
    -Keluarga
    -Kekuasaan politik

Wujud Budaya
Wujud kebudayaan merupakan kesatuan ide-ide,gagasan,nilai-nilai,norma-norma dan aturan. Wujud kebudayaan merupakan kesatuan aktivitas serta tindakan berpola yang dilakukan manusia dalam suatu masyarakat tertentu. Wujud kebudayaan dapat dilihat melalui benda-benda hasil karya manusia.

Wujud Kebudayaan Daerah di Indonesia
     -Rumah Adat : Joglo/Jawa, Rumah Gadang/Sumatera Barat
     -Tarian: Jaipong/Jawa Barat, Tor-Tor/Sumatera Utara
     -Lagu: Manuk Dadali/Jawa Barat, Rasa Sayange/Maluku
     -Pakaian: Batik/Jawa, Ulos/Sumatera Utara
     -Makanan: Gudeg/Jogjakarta, Rendang/Sumatera Barat
     -Alat Muik: Angklung/Jawa Barat, Sasando/Pulau Rote

Sifat-Sifat Budaya
Abstrak Adalah kebudayaan dalam arti sesungguhnya.Abstrak dalam kebudayaan merupakan sistem ide atau gagasan yang ada dalam pikiran manusia.

Sumber Referensi :


Nama           : Randy Yoga Prastyo
NPM            : 16112009
Kelas            : 1KA11
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar (Soft Skill)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar