Selasa, 20 Oktober 2015

KOMUNIKASI JARINGAN (PENGANTAR TELEMATIKA)


         Pada kesempatan kali ini  saya akan membahas materi tentang komunikasi jaringan, e-commerce dan GPS. Pembahasan lebih difokuskan pada contoh aplikasi atau website. Sebelum membahas tentang aplikasi atau website, ada baiknya kita mengetahui masing-masing pengertian dari materi yang sudah disebutkan diawal.

A.    Komunikasi Jaringan
Menurut dari sumber yang saya baca, Komunikasi Jaringan atau Jaringan Teknologi Komunikasi adalah serangkaian interkoneksi antar teknologi yang saling berhubungan satu dan lainnya. Perkembangan teknologi kian pesat. Dalam setiap hal yang dilakukan oleh tiap orang, akan sangat berhubungan dengan teknologi. Berikut beberapa aplikasi yang menganut komunikasi jaringan:

1.    Viber




Viber Telepon Gratis adalah aplikasi yang sangat berguna yang membuat penggunannya menghemat banyak uang untuk menelepon. Apa lagi, mudah penggunaanya dan kontak anda terkonfigurasi secara otomatis. Semuanya sangat menyenangkan

      Untuk menggunakannya, tentunya, anada akan membutuhkan piranti Android yang mempunyai koneksi WIFI, dan kontak yang ingin anda hubungi harus juga mempunyai aplikasi yang terpasang pada pirantinya. Jika tidak, maka anda tidak akan bisa menghubunginnya menggunakan layanan ini.

Sekali anda mempunyai app dalam piranti anda, hal yang perlu anda lakukan adalah membiarkannya mengakses kontak anda dan, dalam hitungan detik, anda akan bisa bertelepon dengan suara yang cukup bagus tanpa membayar sesenpun selain koneksi internet, yang mana WiFi di rekomendasikan daripada 3G, dengan menggunakan 3G anda mungkin akan menghabiskan biaya data yang lebih banyak dari pada untuk telepon.



2.    Messenger




     Facebook baru saja merilis aplikasi messenger untuk iOS dan Android. Di dalamnya ada beberapa fitur mengirim pesan baik melalui jaringan 3G, WiFi, atau via SMS. Yuk, kupas satu per satu fiturnya.Facebook Messenger terbilang mendapat sambutan meriah dari pengguna. Dalam waktu singkat, aplikasi tersebut langsung merajai daftar aplikasi yang paling banyak diundah pada iTunes Store. Di Android Market, aplikasi ini memang belum memuncaki deretan aplikasi gratis terlaris diunduh, tapi sudah terinstal di lebih dari 500 ribu gadget dengan rata-rata respons baik dari pengguna.Proses mengunduhnya tak memakan waktu lama, hanya beberapa detik menggunakan jaringan 3G. Setelah secara otomatis menginstal, aplikasi akan meminta nomor telepon pengguna, selesai diisi maka Facebook Messenger siap digunakan.
Chatting dan SMS

     Facebook Messenger dirancang agar para Facebooker bisa saling berkirim pesan dengan mudah, baik pesan berbentuk teks ataupun gambar. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan mengirim pesan via SMS, hanya saja kenyataannya tidak senikmat konsep yang ditawarkan.Ketika digunakan untuk chatting dengan teman yang online di komputer, aplikasi ini memang berjalan mulus, bisa berbagi teks dan gambar dengan mudah. Namun berbeda jika ingin mengirim SMS, meski pesan dilaporkan terkirim tetapi tidak sampai ke nomor yang dituju.

     Fitur tambahan lain dalam aplikasi ini adalah lokasi. Pengguna bisa saling berbagi lokasi dengan teman ngobrolnya lebih mudah. Untuk mengaktifkannya, silakan tekan tombol arah panah di sebelah kanan pesan yang akan dikirim, untuk mematikannya tinggal tekan sekali lagi.

B.     E-Commerce

Menurut sumber yang saya baca, E-Commerce atau Perdagangan Elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Berikut contoh E-Commerce :

1.    Traveloka.com

     Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.



Cara Pesan Tiket Pesawat 
1.    Cari Penerbangan yang anda inginkan di halaman muka Traveloka.com dan masukkan data-data penerbangannya.
2.    Pilih dan pesan penerbangan di halaman hasil pencarian, Anda bisa langsung memilih penerbangan yang diinginkan. Tekan tombol pesan untuk memesan penerbangan itu.
3.    Setelah memilih penerbangan, kini anda harus mengisi data pemesan yang dapat dihubungi serta data dari penumpang yang berangkat.
4.    Pilih dan klik metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda
5.    Setelah pembayaran sukses diterima, akan dikirimkan SMS konfirmasi secara instan. E-tiket resmi Traveloka.com akan dikirimkan ke alamat email dalam waktu maks. 60 menit.

Cara Pesan Hotel
1.    Mulai pencarian Anda di halaman muka hotel Traveloka.com dengan memasukkan destinasi dan data menginap.
2.    Di halaman hasil pencarian, Anda bisa langsung memilih hotel yang Anda kehendaki. Klik tombol Lihat kamar sekarang untuk melihat info detail.
3.    Setelah menemukan hotel yang sesuai, Anda dapat memilih jenis kamar yang tersedia dan menentukan jumlah kamar yang ingin dipesan.
4.    Isi data pemesan yang dapat dihubungi dan data tamu yang akan menginap. Setelahnya, review kembali data Anda di halaman review. Setelah memastikan data sudah benar, lanjutkan ke halaman pembayaran.
5.    Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu habis.
6.    Setelah pembayaran sukses diterima, Anda akan menerima SMS dan email berisi ringkasan voucher hotel secara instan, maksimum dalam 60 menit.

Cara Pembayaran
1.     Pembayaran di Traveloka via Transfer dan ATM sangat mudah.
2.     Traveloka menerima pembayaran Kartu Kredit berlogo Visa dan MasterCard
3.     Traveloka juga menerima pembayaran via CIMB Clicks, Mandiri Clikpay, BCA   klikpay dll

C.    Global Positioning System (GPS)

Menurut sumber yang saya baca, Global Positioning System adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Contoh aplikasi yang menggunakan GPS :



1.    Maps Sygic
Gps Navigation and Map untuk Android adalah aplikasi navigasi untuk kendaraan. Memiliki fitur seperti GPS mobile, dapat memberikan arah dan memberitahu arah belokan dengan suara. Bisa di install di smartphone dan tablet sebagai alat penunjuk jalan.

GPS Navigasi & Maps Sygic Fitur:
Aplikasi ini bekerja dengan peta TomTom dan peta ini sangat luar biasa dan diinstal pada perangkat android menyediakan Anda dengan panduan suara layanan navigasi intuitif. ada jutaan POI pra dipasang di aplikasi ini. Peringatan kamera kecepatan tetap juga termasuk dalam aplikasi.Dan banyak lagi yang ada ditawarkan untuk layanan di aplikasi ini.

Penggunaan :
Fungsi autocomplete untuk alamat dan pencarian membuat pencarian menjadi mudah. Menggunakan lokasi kita untuk mengusulkan hasil yang paling dekat. Fungsi autocomplete dapat bekerja dengan:
a.  Alamat (nama jalan & nomor rumah, kota)
b.  Kode pos (ZIP)
c.  Poin-poin terdekat seperti hotel, restoran, pusat perbelanjaan, museum, stasiun dan lebih banyak lagi



Sumber :

Wikipedia KomunikasiJaringan

Wikipedia E-Commerce

Wikipedia GPS

www.viber.com

http://emka.web.id/webapps/facebook/2011/apa-itu-facebook-messenger/

http://www.traveloka.com/

http://dans-ands.blogspot.co.id/2015/05/gps-navigasi-maps-sygic-1522-fullmap.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar